Penyerahan Hadiah Lomba Menulis Esai Ikatan Alumni Ilmu Politik Unhas

Penyerahan hadiah lomba esai Ikatan Alumni Ilmu Politik (Ikapol) Universitas Hasanuddin dengan tema “Pemilukada dan Demokrasi Lokal” dilaksanakan Rabu, 13 Desember 2017, bertempat di Ruang Rapat Senat Fisip Unhas.

Andi Ali Armunanto selaku Ketua Program Studi Ilmu Politik Fisip Unhas dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan lomba menulis esai ini. “Budaya menulis perlu dikembangkan karena tulisan akan abadi,” ujar Andi Ali. Kegiatan positif seperti ini perlu dikembangkan, bukan hanya tingkat regional Indonesia Timur, akan tetapi meningkat di level nasional bahkan internasional. Masih dalam sambutannya, Andi Ali mengatakan, bahwa tulisan-tulisan yang masuk 10 besar dari lomba ini akan dibukukan dan Prodi Ilmu Politik akan membiayainya.

Sementara itu, Irwansyah Sukarana sebagai Ketua Harian Ikapol Unhas mewakili Ketua Umum mengatakan, kegiatan ini merupakan program dari Ikapol Unhas sebagai dukungan Ikapol dalam mendorong pencerahan politik terutama terkait pemilukada.

Muhammad Randhy Akbar selaku ketua panitia mengatakan, kegiatan lomba ini berawal dari niatan teman-teman di Ikapol Unhas untuk mengembangkan sekaligus memberikan wadah bagi mahasiswa yang memiliki bakat menulis. Khususnya, di Indonesia Timur yang memiliki potensi yang luar biasa.

Sebelumnya, Ikatan Alumni Ilmu Politik Unhas mengadakan Lomba Menulis Esai Se-Indonesia Timur. Kegiatan lomba ini dilaksanakan dalam rangka memperingati setahun Ikapol Unhas. Kegiatan yang terbagi ke dalam 3 tahap ini berlangsung sejak 28 Oktober sampai 1 Desember 2017. Dalam lomba tersebut, terkumpul 35 naskah esai yang berasal dari berbagai Universitas di Indonesia Timur. Proses itu menghasilkan  3 naskah terbaik sebagai berikut :

  • Juara 1 diraih oleh Rudi Salam dengan judul naskah “Literasi Media Sebagai Upaya Selektif Menekan Informasi Berbaur Kampanye Hitam di Pilkada”. Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fisip Unhas.
  • Juara 2 diraih oleh Apdal dengan judul naskah ”Mengeliminasi Poltik Uang Menuju Pemilukada yang Berkualitas”. Mahasiswa Sosiologi Agama IAIN Palopo.
  • Juara 3 diraih oleh Kun Arfandi Akbar Anzari dengan judul naskah “Menciptakan Iklim Pemilukada yang Bebas dari Dinasti Politik di Indonesia”. Mahasiswa Fakultas Hukum Unhas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *