Ika Politik Unhas Berbagi Kebaikan Di Dua Kampung

Pengurus Ikapol Unhas & Komunitas Tangan Peduli di Kampung Barawaja

Makassar 15/16-06-2017. Memasuki Bulan Ramadhan 1438 H, Ikatan Alumni Ilmu Politik (IKAPOL) FISIP UNHAS mengadakan kegiatan Amaliah Ramadhan dengan Tema ‘Berbagi dalam Kebersamaan’. Adapun kegiatan Amaliah Ramadhan IKAPOL adalah berbagi nasi kotak kepada dhuafa dan berbagi bingkisan lebaran. Kegiatan pertama, yakni berbagi nasi kotak telah dilakukan pada Tanggal 15 Juni 2017 di Kampung Barawaja, dan Tanggal 16 di Kampung Kusta.

Untuk melakukan kegiatan Amaliah Ramadhan tersebut, IKAPOL membuka donasi kepada warga IKAPOL, yang dilaunching pada tanggal 06 Juni 2017 dan ditutup Tanggal 13 Juni, dan hanya dalam waktu tujuh hari, telah terkumpul 1448 dos dari 43 warga IKAPOL dengan total biaya Rp.14.500.000,-. Tingginya animo warga IKAPOL menjadi semangat tersendiri bagi Penanggungjawab Kegiatan Amaliah Ramadhan 2017 yang sekaligus Ketua Harian IKAPOL, Irwansyah Sukarana.

“Saya sangat bersyukur melihat tingginya animo warga IKAPOL, dan semoga ini menjadi berkah bagi masyarakat penerima bantuan dan juga bagi kami warga IKAPOL,” ungkap Irwansyah Sukarana kemarin di sela-sela pembagian nasi kotak di Kampung Barawaja.

Untuk pelaksanaan teknis, Ikapol melakukan kerjasama dengan ‘Komunitas Tangan Peduli’. Kerjasama tersebut untuk memberikan data lokasi apa saja yang masih ditempati oleh masyarakat marginal dan membutuhkan sentuhan, sekaligus membantu teknis pembagian nasi kotak. Komunitas Tangan Peduli menjadi pilihan Ikapol sebagai mitra mengingat bahwa Komunitas Tangan Peduli sudah pernah melakukan kegiatan yang sama pada 2016 lalu.

“Sebelumnya kami sudah melakukan penilaian ke beberapa titik permukiman masyarakat marginal di Kota Makassar. Kami memoertimbangkan sejumlah aspek seperti kondisi tempat tinggal, pekerjaan warga yang dominan, dan pola hidup sehari-hari mereka,” ujar Nur Rahmi sebagai koordinator Komunitas Tangan Peduli yang menjadi mitra IKAPOL dalam kerja amaliah ini.

Dari Hasil penilaian tersebut, Komunitas Tangan Peduli akhirnya merekomendasikan dua lokasi, yakni pemukiman Barawaja yang terdapat di Kelurahan Tammua Kecamatan Tallo, dan “kampung kusta” yang berada di Kelurahan Balangbaru Kecamatan Tamalate. Untuk kampung barawaja, jumlah nasi dos yang dibagikan sebanyak 900 kotak, yang tersebar pada 555 kepala keluarga. Sedangkan di Kampung Kusta, jumlah nasi dos yang dibagikan sebanyak 550 kotak yang tersebar pada 340 kepala keluarga.

15 Juni 2017, Suasana Pembagian 900 Nasi Kotak di Kampung Barawaja Jelang Buka Puasa

Untuk kelurahan Balangbaru, yang menjadi sasaran adalah khusus warga yang pernah mengidap kusta dan telah sembuh. Menurut Ketua RW setempat, Zainuddin, menyebutkan bahwa Jumlah keluarga mantan penderita kusta yang terdapat di Kampung ini sebanyak 680 KK, namun pada kegiatan kali ini, hanya 340 KK yang menerima bantuan nasi dos sebagaimana jumlah yang disanggupi oleh IKAPOL.

16 Juni 2017, Suasana Pembagian 550 Nasi Kotak di Kampung Kusta Jelang Buka Puasa

Komunitas tangan peduli adalah sebuah komunitas yang lahir dari sinergi kemajemukan yang berdiri dengan tujuan untuk memberikan bantuan kemanusiaan secara terpadu dan sistematis, yang bergerak di bidang darurat, pertolongan, medis, hingga proses rekonstruksi dan pemulihan. Komunitas ini berdiri pada 01 Juni 2016 sebagai komunitas yang mandiri untuk menangani isu kemiskinan, anak-anak terlantar, gizi buruk, rawan pangan, kesehatan, kebersihan lingkungan, bantuan pendidikan, pemberdayaan dhuafa, pembangunan masyarakat, hingga bencana alam.

“Melalui kegiatan ini, kami berupaya membangun kepekaan sosial di sekitar kita dan kepedulian terhadap orang-orang miskin yang jumlahnya masih relatif banyak,” ujar Ketua Harian Ikatan Alumni Ilmu Politik Unhas, Irwansyah Sukarana di tengah-tengah sejumlah anggota IKA Politik Unhas yang turut dalam pembagian ratusan nasi kotak di kampung Balangbaru[AHS].

2 thoughts on “Ika Politik Unhas Berbagi Kebaikan Di Dua Kampung

  • June 17, 2017 at 12:45 pm
    Permalink

    Mantap…smg semua yg dilakukan berkah dan mendapatkanbalasan dari Allah SWT. Aamiin.

    Reply
  • June 17, 2017 at 1:47 pm
    Permalink

    Alhamdulilla semoga aktifitas ini berlangsung terus.dan semangat berbagi bisa terus dilakukan walau ramadhan berakhir

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *