Menghaluskan Wajah Politisi di Cermin Facebook

Memperkenalkan 7 Jurus ‘Kampanye Politik’ Paling Manjur

Menjelang Pesta Demokrasi paling akbar di negeri ini, aura keramaian mulai terasa. Para tamu istimewa yang akan memeriahkan pesta mulai menampakkan diri satu persatu. Semua tampil dengan senyum termanis dan pakaian terbaik yang dimilikinya di berbagai dinding media sosial, tepian jalan, video tron bahkan batang-batang pohon jalan raya. Dari sekian tempat itu, facebook adalah salah satu media yang paling ramai yang memantulkan wajah-wajah dan pribadi para tetamu itu.

Mengapa Facebook? Ada 2 alasan mendasar sehingga Facebook menjadi media paling Top yang bisa digunakan sebagai media kampanye Politik.

Pertama, Facebook adalah media sosial yang paling banyak penggunanya saat ini. Di Indonesia, akun Facebook dari usia 17 tahun sampai dengan 65 Tahun (usia Wajib Pilih) sudah mencapai angka fantastic, 106.000.000 pertanggal tulisan ini terbit!

Kedua, Facebook sebagai Platform media sosial memiliki fitur yang sangat lengkap: mulai dari Status, Group, event, messenger, pages, Polling, facebook ads, grap search, power editor, photo, video, phone, notes.

Nah, jika Anda politisi dan bersiap berpesta beberapa bulan ke depan, maka gunakanlah Facebook sebagai salah satu ruang paling ramai dikunjungi orang, ya konstituen jika menggunakan bahasa Anda!

Saya, sebagai praktisi Facebook Campaign akan menawarkan 7 Jurus yang harus Anda kuasai jika Anda betul-betul ingin mengambil hati para konstituen yang karakternya berbeda-beda ini. Ingat, Anda butuh 1 kursi untuk bisa berkuasa bukan? Dan kursi itu bukanlah kursi yang bisa anda beli di pasar modern, tapi adalah jelmaan dari ‘rasa suka’ dari orang-orang yang jumlahnya bukan hanya bilangan seratus dua ratus orang tetapi bisa dalam jumlah ribu, puluh ribu, bahkan ratusan ribu ‘rasa suka’. Mereka bukan saja hanya berasal dari satu tipe tamu semisal anak-anak muda saja, atau orang kantoran saja, tetapi juga harus ada kalangan mamah-mamah muda, pedagang-pedagang pasar, anak-anak kuliahan dan seterusnya. Jika Anda gagal meraihnya, maka bersiaplah memanggul rasa duka nan pahit usai pesta demokrasi bubar!

 

Berikut nama-nama jurus tersebut!

Satu, Bentuklah ‘Personal Branding’ Anda ala Facebook

Dua, Perluaslah ‘Pertemanan Facebook’ Anda secara Tertarget

Tiga, Tata Konten ‘Status Facebook’ Anda dengan Efek yang Tepat Sasaran

Empat, Bentuk Massa Fanatik melalui ‘Group facebook’

Lima, Buatlah Diri Anda “Ngangeni” melalui ‘Facebook fages’

Enam, Ketahuilah Massa Anda Ingin dan Butuh Apa melalui ‘Facebook Poll’

Tujuh, Buat Diri Anda Menembus Batas dengan ‘Facebook Ads’

 

Nah itulah Tujuh Jurus paling ampuh yang Jika Anda percaya 100% pada saya, Anda bisa mulai mencobanya sejak Anda selesai membaca tulisan ini!

Ayo, kenakan Dogi Anda dan mulailah dengan berdiri dengan kuda-kuda yang tangguh.

[Satu]

Anda butuh sebuah ‘Personal Branding’ ala Facebook

Seperti pada Judul di atas, Penulis akan membeberkan Jurus favorit Facebook Campaign dan hal ini membutuhkan waktu yang sangat panjang, sehingga pada kesempatan ini penulis hanya akan fokus mengurai Jurus Pertama saja, yaitu Personal Branding Politisi ala Facebook.

Sebelum lebih jauh, mari kita kenali dulu apa itu Personal Branding.

Secara spontan apa yang teringat olehmu saat mendengar nama Habib Rizieq, Ridwan Kamil, Soeharto, Prabowo, Jokowi, Megawati, Munir, Kurniawan Dwi Yulianto, Bambang Pamungkas, Elvi Sukaesih, Ayu Tingting, atau Rhoma Irama?

Pilihlah salah satu nama dari itu dan mulailah mengingat secara spontan apa yang anda kaitkan dari nama itu. Jika sudah, pindahlah ke nama lainnya! Tentu saja, Anda juga bisa memilih nama lain.

Mendengar nama Habib Rizieq, [mungkin] yang muncul dibenak anda adalah ia sebagai pembela umat Islam, Pemimpin FPI. Atau saat mendengar nama Rhoma Irama, mungkin yang anda ingat adalah Raja Dangdut, Musisi yang lagunya diselipi Da’wah. Nah, apa saja yang anda pikirkan tentang mereka, itulah personal Branding yang melekat pada diri mereka.

Jadi Personal Branding bisa dikatakan sebagai nilai, kekuatan, keunikan, tampilan, kemampuan, prestasi, skill, impian dan jabatan yang melekat pada Anda.

Nah untuk membangun Personal Branding ala Facebook bagi seorang politisi ada beberapa hal yang harus dilakukan.

Pertama, gunakan nama asli anda di facebook disertai personal branding anda, misalnya Ishak Salim Pejuang Difabel, Deng Ical sombere’na Makassar, Nurdin Abdullah The Professor, Nurdin Halid Sul-Sel Baru. Lihat contoh pada gambar pada kotak No. 1.

Kedua, isi biodata anda sesuai dengan personal brand anda, gunakan profil yang merefleksikan atau mewakili persepsi yang akan anda bangun. Misalnya jika ingin melakukan branding sebagai calon bupati yang cerdas pastikan profil facebook anda mewakili citra tersebut. Cantumkan hal hal terkait dengan prestasi anda, penjelasan tentang diri anda yang bisa membuat teman teman facebook anda kagum. Lihat contoh pada gambar di atas di kotak Nomor 2.

Ketiga,  Gunakan foto asli dan profesional sebagai foto profil yang menggambarkan branding Anda. Misalnya kalau ingin membranding diri Anda sebagai calon Bupati yang cerdas maka pasang foto anda yang menunjukkan sebagai sosok yang cerdas, atau ingin membranding diri anda sebagai caleg yang merakyat maka gunakan foto profil yang menunjukan sebagai sosok yang merakyat.

Keempat, Gunakan Cover facebook yang menjual, ukurannya 825 x 315 pxl. Cover Facebook berfungsi sebagai spanduk anda, bisa anda isi dengan tulisan, Misalnya “Calon Bupati Kab……”, Calon Gubernur Propinsi…..,  Calon Walikota …., Caleg DPR RI Dapil…. . Namun jangan terlalu banyak tulisan, harus simple dan jelas dan gunakan gambar yang profesional nan keren, kalau perlu mintalah design grafis untuk membuatkan.

Kelima, bergabung atau join pada Group facebook Kegiatan Sosial , Group Kegiatan Belajar, Group Daerah yang bermanfaat. Jika group yang anda ikuti adalah Grup yang baik maka anda akan dipandang sebagai orang yang baik pula, begitu pun sebalikanya. Jadikan Grup yang bermanfaat tersebut sebagai grup Favorit dengan cara “add Favorit” pada notifikasi Group Tersebut dan pilih “All Post” agar selalu mendapatkan notifikasinya.

Keenam, Update atau pasang Status yang menunjukkan personal Brand Anda, misalnya jika Personal Brand anda adalah Calon bupati atau Caleg yang Cerdas, maka postinglah status-status yang sifatnya motivasi, mendidik dan solusi terhadap permasalahan terkini. Waktu yang tepat untuk update status facebook minimal 3x sehari, pertama pukul 06.00 Pagi, Pukul 13.00 Siang dan Pukul 20.00 malam, Anda bisa atur muatan postingan status Anda misalnya waktu pagi posting status motivasi, siang hari posting status yang sifatnya ringan misalnya humor yang mendidik, kemudian malam hari posting status Solusi terhadap permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat sekitar anda.

Mengapa Polanya harus Seperti itu? Jawabannya akan saya urai pada Tulisan berikutnya.

Sekarang, saya tidak akan melanjutkan ke jurus-jurus rahasia berikutnya sebelum Anda mulai menjalankan langkah-langkah di atas!

Hiat!

 

Penulis: Anjas Husain, S. IP

[Praktisi facebook Campaign]

2 thoughts on “Menghaluskan Wajah Politisi di Cermin Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *