Menghaluskan Wajah Politisi di Cermin Facebook (Jurus ke-3 dari 7)

Dua tulisan sebelumnya yang merupakan Bagian dari Menghaluskan Wajah Politisi di cermin facebook dapat anda baca disini Personal Branding ala Facebook dan Memperluas Pertemanan Facebook Yang Tertaget. Bagian tersebut merupakan Jurus pertama dan Kedua bagi politisi yang ingin menggunakan media social facebook sebagai corong kampanye atau media komunikasi untuk medapatkan dukungan.

Menata Konten Status Facebook Dengan Efek Tepat Sasaran

Menurut Desideria Cempaka W.M, S.SOS, M.A , Pengajar Universitas Atma Jaya Yogyakarta dalam penelitiannya, memberikan beberapa rekomendasi bagi seorang politisi atau pengelola media sosial politisi, diantaranya:

  1. Menjaga interaktifitas pada Facebook agar tercipta komunikasi dua arah yang efektif.
  2. Membangun diskusi ringan di Facebook tentang topik-topik yang dekat teman facebook kita.

Penulis sepakat dengan rekomendasi dari Desideria Cempaka di atas, sebab dari pengalaman beberapa tahun terakhir menggeluti pemasaran melalui facebook, Penulis menemukan fakta bahwa hanya topik-topik yang dekat dengan teman facebook yang akan viral dan mendapatkan banyak tanggapan. Topik itu dikemas dalam bentuk diskusi interaktif.

Selanjutnya saya akan menguraikan Trik untuk membuat Konten Status Facebook yang tepat sasaran. Berikut langkah langkah yang harus diambil oleh seorang politisi.

Pertama, perkenalkan siapa diri anda di facebook.

Anda boleh membaca kembali tulisan ini: Personal Branding Ala Politisi. Yang dimaksud pada poin ini adalah branding apa yang anda gunakan di facebook sebagai politisi. Apakah sebagai Caleg yang cerdas, calon Bupati yang cerdas di Bidang Pertanian, calon Walikota yang sombere (mudah bergaul), calon Bupati anti korupsi atau yang lainnya.

Kedua, Kenali siapa teman Anda di facebook.

Seorang politisi yang ingin mengandalkan facebook sebagai corong semestinya memiliki pertemanan yang tertarget di facebook, baik dari segi geografis maupun usia. Misalnya anda adalah seorang politisi di Kabupaten Maros, maka sebaiknya pertemanan di facebook anda adalah pengguna facebook yang bertempat tinggal di Maros dan sudah masuk di usia wajib pilih. Jika masih mengalami kesulitan untuk mengetahui pertemanan facebook anda, silahkan baca kembali tulisan Memperluas Pertemanan Facebook Yang Tertaget.

Setelah memperkenalkan diri anda di facebook dan menetapkan pertemanan anda di facebook, maka anda dengan mudah dapat menentukan Konten Status Facebook yang tepat sasaran. Anda tinggal mencari tema yang sesuai dengan Branding anda sekaligus dibutuhkan oleh teman-teman Anda di facebook. Misalnya, jika anda mempersiapkan diri sebagai Bupati di Kabupaten Maros dan branding anda adalah calon Bupati yang menguasai bidang pertanian, maka lakukanlah riset kecil tentang masalah pertanian yang sedang hangat di konteks Kabupaten Maros—jangan mengambil konteks pertanian dari Kabupaten lain. Melalui riset itu, buatlah jawaban-jawaban atau solusi dari permasalah, kemudian postinglah di facebook anda dengan menyertakan gambar yang sesuai tema postingan. Di bagian akhir postingan, mintalah teman-teman facebook anda untuk memberikan pendapatnya. Meminta mereka memberikan solusi tambahan untuk masalah pertanian yang terjadi di Kabupaten Maros agar terjalin komunikasi dua arah. Langkah ini sangat membantu postingan status facebook anda untuk mendapatkan komentar.

Sebagai tips, agar postingan bisa menjadi viral, mendapat tanggapan positif (like) dan mendapat komentar beragam, silahkan anda melakukannya pada waktu-waktu berikut: pukul 06.00, Pukul 13.00 dan pukul 20.00. Namun waktu yang wajib adalah Pukul 20.00 karena menjadi prime time pengguna Facebook di Indonesia. Pasalnya, pada pukul 20.00 (Pukul 8 malam) ini menjadi waktu luang bagi masyarakat setelah aktifitas kerja. Pada waktu ini juga banyak pengguna facebook yang meluangkan waktunya untuk online di warkop-warkop, menggunakan handpone di rumah sembari beristirahat, bahkan sembari menyaksikan tayangan televisi menyempatkan untuk membuka halaman facebook.

Langkah selanjutnya, anda bisa melakukan evaluasi atau pengukuran di setiap postingan status. Ini untuk memastikan kembali waktu-waktu ideal posting anda yang mendapat respon atau tanggapan, tema apa yang paling banyak mendorong interaksi, kemasan apa yang efektif agar tulisannya menarik perhatian, dan sebagainya. Ukur semuanya. Lanjutkan postingan yang menunjukkan hasil positif atau memuaskan. Kalau hasilnya buruk, evaluasi kembali. Dari sini anda akan menemukan sendiri formula Postingan status yang tepat sasaran sesuai dengan personal branding Anda. Selamat Mencoba!

Pada tulisan berikunya penulis akan mengurai Trik “Membentuk Massa Fanatik Melalui Facebook Group”

Oleh Anjas Husain, S.IP (Praktisi Facebook Campaign)

One thought on “Menghaluskan Wajah Politisi di Cermin Facebook (Jurus ke-3 dari 7)

  • August 8, 2018 at 4:18 am
    Permalink

    bagaimana Menghaluskan Wajah Politisi di Cermin Facebook (Jurus ke-3 dari 7)?

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *